Pages

Thursday, April 26, 2012

Benarkah Kesialan Bisa Terjadi di 'Friday The 13th'?

"Friday the 13th". Seringkali hari Jumat tanggal 13 diidentikkan dengan kesialan.

Namun menurut Thomas Gilovich dari Department of Psychology at Cornell University Amerika, fenomena yang disebut friggatriskaidekaphobia itu hanya akan terjadi jika seseorang mengasosiasikan hari itu dengan hal-hal atau kejadian buruk dalam hidup mereka.

Friggatriskaidekaphobia adalah sebuah takhayul umum tentang hari sial yang telah ada berabad-abad lamanya berkembang dalam budaya barat.

"Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Jumat tanggal 13 dan Anda mempercayainya maka hal itu akan terpatri dalam pikiran Anda karena pikiran adalah sebuah sistem asosiatif," kata Gilovich seperti dilansir Association for Psychological Science.

Gilovich menyatakan tidak ada bukti atau validitas apa pun akan takhayul dan kesialan pada Jumat tanggal 13. "Banyak orang memegang sejumlah keyakinan tanpa memahami latar belakang atau dari mana keyakinan itu datang," kata Gilovich.

Takhayul serupa juga dicontohkan Gilovich terjadi di kalangan arsitek dan desainer interior yang tidak melabeli sebuah gedung atau bangunan dengan lantai ke-13.


sumber

0 comments:

Post a Comment